Bismillah, tantangan di hari ketujuh BPN 30 Day Blog Challenge adalah menulis tentang 5 warung makan atau restoran terfavorit versi diri sendiri. Emm, muter otak dulu untuk mengingat rumah makan atau resto mana saja yang pernah disambangi. Meski aku dan suami sama-sama suka jajan, suka makan, seringnya ide untuk makan di luar pun membuat kami seperti mengocok dadu harus terdampar di rumah makan yang mana.

Yapp, nggak jarang setelah muter-muter akhirnya asal mampir karena keburu lapar. Kalau sudah begini nggak kepikiran lagi untuk mengingat nama warung makan atau resto yang baru dimasuki. Jika berjodoh kami akan kembali hanya dengan modal mengingat denah lokasi dan jalan menuju tempat makan tersebut. Bagi kami, makan nggak harus di suatu tempat mewah dengan lokasi ala-ala cafe atau restoran mahal. Di kucingan juga oke selama rasanya benar-benar bisa menggugah selera plus memanjakan lidah. Paling penting, nggak bikin kantong bolong dan terhitung boros hanya untuk makan di luar rumah. Kalau sesekali boleh lah, di moment anniversary misalnya.

So untuk tidak memperpanjang mukadimah, berikut 5 tempat makan paling favorit di Magelang. Jika masuk ke daftar sudah bisa dipastikan karena rasa tak pernah berbohong:

1. d'orange Resto, Trio Plaza Magelang

Lokasi : Jl. Alun-Alun Utara No.6, Magelang, Jawa Tengah, 56117
Buka : Dari jam 09.00 pagi sampai pukul 21.00 malam

Menurutku ini tempat makan yang menunya tak hanya bersahabat di lidah tetapi juga di kantong. Ada satu menu yang sangat kugemari di sini, dari awal rilis sampai sekarang. Kalau mampir ke resto ini selalu jadi menu favorit, yaitu Ayam Geprek. Tahu kan kuliner yang satu ini? Meski masih terhitung baru naik daun, tetapi Ayam Geprek sudah bisa ditemukan di daerah mana pun sepertinya. Tak jarang ada resto atau rumah makan tertentu yang juga turut serta menyediakan menu olahan daging ayam yang satu ini.

Tak hanya Ayam Geprek dengan cita rasa khas yang pedasnya bisa kamu tentukan sendiri sesuai level pedas yang kamu sanggupi. Ada banyak menu-menu lainnya yang bisa memanjakan lidah. Diantaranya ada aneka nasi goreng dari seafood hingga Magelangan, aneka olahan ikan dan daging ayam serta sapi, soto, bakso dan masih banyak lagi menu yang disediakan. Oh iya, menu minumnya juga banyak yang menggugah selera lho. Kamu dapat memesan aneka jus, hingga minuman ala-ala kekinian di sini. Dari rasa dan tampilan sajiannya, tak perlu diragukan ya. Ini jadi satu resto favorit semua keluarga yang ada di Magelang, karena tepat berada di utara Alun-Alun Kota Magelang. Lokasi yang strategis dengan tempat yang sejuk, pelayanan yang nggak begitu buruk, ramah anak, jadi alternatif banyak keluarga untuk hunting di akhir pekan.

Kamu sudah pernah ke sini atau baru berencana ke sini? :)

2.  Sailendra Food Court, Artos Mall Magelang

Lokasi : Artos Mall Lt. UG, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah 56172
Buka : 08.00 pagi sampai pukul 21.00 malam

Satu lagi tempat makan favorit untuk banyak orang yang ada di Magelang : D
Tepatnya Sailendra Food Court. Untuk menunya beragam, ada smoking area, charge station free, dan dekat dengan mushola. Kalau kebetulan makan di sini, jangan khawatir bakal ketinggalan waktu untuk menunaikan ibadah shalat karena ruang mushola tersedia dekat food court ini :)

Ada banyak sekali makanan dari berbagai macam gerai yang menyediakan menu-menu yang bisa kamu pilih sesuai selera dan isi dompet. Seperti Bugis Kuliner Makassar, Java Steak, Ayam Kosek Panjiwo, Bebek Peking Oye, Miasari Express, Rooster, Pempek 77, dan masih banyak lagi.

Sayangnya untuk makan di sini bagiku lumayan menguras isi kantong, karena biaya pajak yang tinggi mungkin? Untuk rasa sih, relatif lidah masing-masing ya. Nggak terlalu buruk. Termasuk enak dengan tempat yang bersih, pelayanan yang baik, dan ramah anak juga.

3. Warung SS "Serba Sambal" Borobudur

Lokasi : Jl. Balaputradewa No. 5, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553
Buka : 09.00 pagi sampai 22.00 malam

Kalau ini sih jadi favorit banget ya. Secara aku pecinta sambal dan makanan pedas. Pertama kali ke sini bareng teman kuliah sepulang dari hunting foto untuk produk hijab di salah satu destinasi yang ada di area Borobudur. Nah untuk menjangkau warung makan ini pun sangat mudah, karena letaknya yang strategis di pinggir jalan. Selain itu SS sudah buka cabang di banyak tempat.

Untuk tempatnya aku kasih bintang tiga. Untuk rasa jelas bintang lima. Selain murah dan sangat terjangkau sekali, rasanya pun enak banget. Pilihan menu sambal dan sayur bisa kamu pesan sesuai selera. Dijamin nggak bakal nyesel terdampar di warung makan yang satu ini. Karena benar-benar memanjakan lidah dan nggak bikin kantong kamu bolong.

Sebelum mengunjungi candi Borobudur, atau mungkin sepulangnya, kamu bisa rencanakan untuk makan di tempat ini ya. Ini satu yang aku rekomendasikan untuk kalian yang baru berkunjung ke Magelang dan lagi nyari warung makan ala-ala ndeso yang enak tapi murah. Terpenting asal kamu pecinta sambel, tempat ini jelas reccommended :)

4. Ayam Penyet Surabaya

Lokasi : Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.57, Salakan, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah 56172
Buka : 08.00 pagi sampai 22.00 malam

Mampir ke sini kalau kebetulan pulang ngetrip dari Jogja. Menunya no koment deh menurutku. Cocok juga untuk pecinta sambal, buat yang suka pedas. Selain ada ayam bakar dan ayam goreng yang terkenal enak. Masih ada menu lainya yang bisa kamu pilih. Soal harga masih terjangkau, bersahabat di kantong. Bisa makan enak, mengenyangkan, tapi nggak kemahalan.

Sayangnya tempat makan ini sering banget penuh. Tiap kali ke sini jarang banget pas sepi.

Untuk pelayanannya termasuk oke, ramah dan fast juga kalau nggak lagi padat ya. Rating buat tempatnya nyaman-nyaman saja sih menurutku. Kalau punya baby dan pengen duduk lesehan sambil makan, bisa naik ke lantai dua. So, ini juga termasuk warung makan yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Magelang dan dalam kondisi lapar :D

5. Sentra Kuliner Tuin Van Java di Alun-Alun Kota Magelang

Lokasi : Jalan Alun-Alun Utara, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56117
Buka : 07.00 pagi sampai 23.00 malam

Tempat ke-lima yang jadi tempat favorit untukku sekeluarga. Ini sangat aku rekomendasikan buat kalian yang sedang berkunjung ke Magelang. Ada banyak sekali jajanan dan pilihan kuliner dengan harga relatif bersahabat. Soal rasa menurutku sih oke. Tinggal pilih kamu mau duduk dan makan di counter kuliner yang mana.

Masih ada pengamen sesekali, jadi siap-siap saja uang recehnya ya. Mau ngasih lebih juga boleh :)

Lokasi tepat di bagian utara alun-alun kota Magelang. Pokoknya wajib mampir ke sini juga kalau kamu main ke Magelang. Tempatnya berseberangan nih dengan d'orange Resto Trio Plaza yang aku sebutin pertama.

Parkir luas, dekat toilet dan katanya sih sekarang tersedia free wifi. Dekat sama masjid agung kota Magelang. Kalau di bulan Ramadhan, nuansanya selalu bikin kangen. Ramai dan selalu asyik untuk jadi tempat singgah, meski cuma dolan sebentar. Sekalipun cuma lesehan di kucingan yang ada di pinggir alun-alun setiap sore menjelang sampai malam.
__

Nah, sudah ada lima tempat favorit yang aku bagi di sini. Sepertinya bukan hanya tempat favorit untukku pribadi ya. Melainkan banyak keluarga yang lain. Kamu tertarik ke Magelang? Bingung nyari makan di mana? Mungkin salah satu tempat makan yang aku sebutkan di sini bisa jadi referensi yang cocok buatmu.

Aslinya, Magelang punya banyaaaaakkk sekali tempat kuliner untuk memanjakan lidah. Dari yang murah sampai yang relatif mahal. Kembali ke pilihan masing-masing ya :)

Selamatttt makan :D

#Day7
#BPN30DayChallenge2018
#BloggerPerempuan

********************

copyright : @bianglalahijrah
Magelang, 26 November 2018
picture by : bloguettes.com

0 Komentar